Laman

Jumat, 20 November 2015

Kalahkan 30 Klub, AXIC Juara III Astra Road Safety Fest 2015



Dear AXIC-ers,  
Bersaing dengan tiga puluh klub/komunitas di seluruh Indonesia,  klub kebanggaan kita, AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) berhasil meraih juara III di kategori Astra Road Safety Community Challenge dalam Astra Road Safety Fest 2015. Pengumuman pemenang ini dilakukan di kantor pusat PT Astra International Tbk di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (19/11) lalu.  

Juara I dan II di kategori yang sama diraih oleh Daihatsu Ayla Indonesia (DAI) dan Daihatsu Taruna Club (DTC). Kemudian Juara IV dan V masing-masing diraih oleh komunitas Bahasa Isyarat Luar Biasa Universitas Negeri Malang dan 5 PT United Tractors Tbk Owner’s Motor Community (UT OMC). Setiap juara mendapat trofi dan hadiah uang, berdasar urutan juara, sebagai berikut  Rp 15 juta ditambah Rp 3 juta dana implementasi, Rp 10 juta plus Rp 3, dan Rp 7 juta plus Rp3 juta dana implementasi. Sedangkan juara IV dan V hanya mendapat hadiah uang Rp5 juta dan Rp 3 juta.

Ajang kompetisi cerdas berkendara antarkomunitas ini lumayan ketat level kompetisinya. Apalagi diselenggarakan oleh perusahaan besar, Astra International, yang mempunyasi sistem dan standar cukup tinggi. Proses untuk menjadi pemenang melalui proses dan persyaratan yang berliku-liku, kayak jalan Kelok 9 di Sumatera Barat.  

Begini nih prosesnya: ajang ini dimulai sejak pendaftaran proposal komunitas pada April 2015. Setelah proposal klub yang masuk diseleksi, ditetapkan 30 komunitas yang proposalnya masuk babak semifinal. Selanjutnya setiap komunitas merealisasikan kegiatan seperti tertulis dalam proposal di periode 4 September-2 Oktober. Setelah realisasi kegiatan dinilai, dipilih 10 klub yang masuk babak final hingga pengumuman pemenang di dua hari lalu. 

Oya, AXIC sendiri merealisasikan kegiatannya pada 19 September lalu di dealer Astra Daihatsu Karawang, Jawa Barat. Bertemakan Ayo Aman Berkendara,  AXIC melalu Cabang Purwasuka mengundang sekolah-sekolah menengah di seputaran Karawang untuk mengikuti pelatihan  Ayo Aman Berkendara, seperti SMK Tri Asyifa Cikampek, SMK Lentera Bangsa, ATMI Cikarang, SMS Slamat riyadi Karawang, dan SMAN2 Cikampek.  

Bersama Alexandra Asmasoebrata, pebalap wanita, usai pengumuman pemenang Astra Road Safety Fest 2015.



Astra Road Safety Fest 2015 merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Astra International Tbk bekerja sama dengan Koprplantas Polri. Sejatinya ini sebuah program edukasi keselamatan berkendaraan di jalan raya yang dilakukan di 9 kota besar di Indonesia, yakni Bandung, Semarang, Bali, Yogyakarta, Balikpapan, Surabaya, Medan, Palembang, dan Jakarta.

Pongki Pamungkas, Chief of Corporate Communication, Social Responsibility & Sercurity Astra Internasional, menjelaskan Astra Road Safety Fest merupakan rangkaian  Program Indonesia Ayo Aman Berlalu lintas yang secara konsisten dilaksanaan sejak diluncurkan tahun lalu. Proram ini meliputi tiga poin utama, yakni Panduan keselamatan berlalu lintas bagi pelanggan (Safety Awareness for Customer), Panduan keselamatan berlalu lintas  bagi Masyarakat (Safety Campaign for Public), dan Kampanye keselamatan berlalu lintas kepada pelajar di sekolah (Safety campaign at school). Tahun ini program ini berhasil mengedukasi sebanyak 16 juta orang lebih.

Condro Kirono, Kepala Korplantas Polri, saat memberikan sambuatan mengatakan angka kecelakaan di jalan raya di Indonesia masih tinggi sehingga sangat memprihatinkan. “Bila dibanding angka kecelakaan 2014, tahun ini memang ada penurunan sebesar 21,5%. Namun tetap saja angka kecelakaannya tinggi. Bayangkan, setiap hari rata-rata  79 yang meninggal atau   setiap jam tiga nyawa melayang karena kecelakaan di jalan raya,” ujar Condro.



Seremonial acara puncak sekaligus penutupan program Astra Road Safety Fest 2015 juga dihadiri oleh pembalap wanita nan cantik, Alexandra Asmasoebrata.  Program Astra Road Safety Fest 2015 Astra juga  melakukan  lomba Astra Road Safety Video Competition bagi kalangan mahasiswa di seluruh Indonesia. 

Di kategori ini, Juara 1 diraih komet video RedRoad dari Universitas Mercu Buana. Juara II video Bahagia dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dan Juara III video Pinera dari Institut Teknologi Sepuluh November. Sementara Juara Favorit adalah video YOUniverse dari Universitas Bina Nusantara.   Selamat AXIC, tahun depan bisa lebih baik lagi! @MSU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar