Laman

Jumat, 13 November 2015

All New Kijang Innova, Kini Makin Jauh dari Sejarahnya sebagai Mobil Rakyat Indonesia



Dear AXIC-ers, PT Toyota-Astra Motor segera meluncurkan secara resmi All New Kijang Innova. Rencananya, Rabu (23/11),  dua pekan lagi, menjadi penampilan perdana mobil rakyat Indonesia yang kian mendunia ini. 


Mengusung tema The Legend Reborn, mobil ini dikembangkan dengan platform yang sama sekali baru, seperti tampak pada desain dan performa. All New Kijang Innova  menyajikan aura kemewahan premium.


Hadir dengan 3 tipe, yaitu G, V, dan Q (tipe tertinggi). Untuk line up All New Kijang Innova berbahan bakar bensin dibekali engine sekelas sedan, yaitu mesin berkapasitas 2.0 liter dengan teknologi dual VVT-i. Untuk line up berbahan bakar diesel, menggunakan mesin diesel baru tipe GD berkapasitas 2.4 liter, yang didukung teknologi VNT (Variable Nozzle Turbo)  dan Intercooler yang kinerjanya sudah teruji.

Dilengkapi dengan transmisi otomatis terbaru 6 speed, All New Kijang Innova menjadi mobil medium multipurpose vehicle (MPV) pertama di Indonesia yang dilengkapi  fitur penunjuk pola mengemudi (drive mode), yaitu Normal, Eco Mode, dan Power Mode yang selama ini hanya digunakan di mobil segmen sedan kelas atas. Bahkan pada line up  transmisi otomatis, transmisi 6 speed-nya juga didukung teknologi Sport Sequential Shiftmatic yang membawa aura fun to drive. 

Nah, sekarang dari sisi eksterior. All New Kijang Innova tampil dengan desain lebih elegan dan kokoh dengan garis bodi yang lebih dinamis, modern, dan berkarakter. Meninggalkan kesan konvensional, penampilan All New Kijang Innova berubah total dengan style bernuansa kendaraan crossover. Dipadu velg  16” (tipe G dan V), dan 17”(Q),  desain lampu depan yang lebih modern, All New Kijang Innova tampil dengan nuansa futuristik yang lebih kental.  
Bagaimana sisi interior? Berkonsep living room, All New Kijang Innova juga dilengkapi berbagai perangkat yang tidak hanya dapat meningkatkan kenyamanan, tapi sekaligus mendukung gaya hidup digital. Desain dashboard yang lebih berkelas dipadu dengan kelengkapan fitur yang terdepan di kelasnya, seperti  advance audio dengan teknologi touchscreen, smartphone connectivity, bluetooth, voice command, dan aplikasi Toyota Move. 



Hiroyuki Fukui, Presiden Direktur PT Toyota- Astra Motor (TAM), mengatakan dengan semangat baru Toyota, “Let’s Go Beyond”, pelanggan tidak lama lagi segera bisa menikmati kemewahan yang kami hadirkan di All New Kijang Innova.  Dalam platform desain dan performa yang sama sekali berbeda, mobil ini akan membawa pelanggan meloncat ke jenjang kepuasan lebih tinggi, jauh di atas level generasi sebelumnya. 

“Bertabur fitur teknologi kelas atas, All New Kijang Innova memberikan kenyamanan dan keamanan di luar dugaan atau ekspektasi pelanggan dan siap menjadi legenda baru Indonesia,” kata Fukui.

Kehadiran All New Kijang Innova ini akan memberi warna baru pada perkembangan pasar MPV di dalam negeri, sekaligus makin menegaskan posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi strategis segmen MPV dalam peta Toyota Global. Ini dilihat dari dipilihnya Indonesia sebagai negara yang diberi kesempatan pertama untuk memperkenalkan Toyota Innova (world premier) yang kini menjadi produk global Toyota. 

“All New Kijang Innova membawa pelanggan lebih leluasa menunjukkan jati dirinya dalam dunia teknologi yang kian modern dan lingkungan masyarakat yang kian dinamis. Inilah semangat pengembangan Kijang Innova sebagai produk dalam konsep Me and My Family,” kata Vice President Director TAM Suparno Djasmin.



Harganya bos? Tipe terendahnya Rp 282 juta per unit on the road, sedangkan tipe tertinggi Rp 423,9 juta. Bila dibandingkan dengan model lawasnya, selisih harganya lumayan jauh nih, yakni Rp 216,4 juta-Rp 344 juta. 

Begini detailnya:  tipe G dimulai dengan Rp 282 juta per unit (transmisi manual) dan Rp 302 juta (otomatis). Itu harga paling murah untuk tipe bensin loh. Sedangkan tipe G versi mesin Diesel dibanderol Rp 312 juta dan Rp 332 juta. Sementara versi mewahnya Rp 316 juta dan Rp 336 juta. Tipe V (bensin) Rp 326 juta dan Rp 346 juta. Sedangkan versi otomotis dan mewahnya melejit hingga Rp 381 juta. 

Nah ini yang menarik, tipe Q (varian paling mewah) mulai dijual Rp 331 juta dan Rp 351 juta (bensin). Serta Rp 403,9 juta versi dieselnya dan eng....ing..eng.... Rp 423,95 juta untuk varian diesel transmisi otomatis. 

Sejatinya dengan bujet Rp 282 juta hingga Rp 400 jutaan, konsumen mempunyai banyak pilihan mobil di pasar, tidak hanya medium MPV All New Kijang Innova. Karena mobil segmen  crossover dan SUV dengan rentang harga itu juga banyak. Sebut saja, Honda HR-V, Mitsubishi Outlander Sport, Nissan X-Trail, Chevrolet Captiva, dan lain-lain. 

Tapi inilah harga sebuah cita rasa global dari Kijang, mobil rakyat yang dulu dibangun di Indonesia awal 1970-an sebagai mobil serbaguna dengan harga terjangkau (baca: merakyat). Inilah kompensasi dari cita rasa global dari mobil rakyat Indonesia, yang memang tiada duanya.

Dirancang 1970, Dipasarkan 1977



Mobil Toyota Kijang generasi pertama yang dikenal dengan sebutan Kijang Buaya dipasarkan kali pertama pada 9 Juni 1977. Mesinnya menggunakan unit 3K 1.2000 cc milik Corolla yang irit bahan bakar. 

Sejatinya generasi pertama Kijang ini lahir dari proyek Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KBNS), yang dicanangkan pemerintah pada awal 1970-an. Kemudian dari konsep Toyota untuk kendaraan Niaga serbaguna berharga terjangkau di negara-negara berkembang bertajuk Basic Utility Vehicle (BUV) pada 1972.

Saat ini Kijang bisa dikatakan sebagai salah satu mobil terlaris di Indonesia. Dengan usia hampir 40 tahun di pasar, populasi Kijang di Indonesia tercatat lebih dari satu juta unit sejak dipasarkan Mobil yang sudah mencapai generasi kelima ini telah berkembang menjadi mobil global dengan nama baru Toyota Kijang Innova. @MSU




Tidak ada komentar:

Posting Komentar