Laman

Selasa, 27 Oktober 2015

Ecopia EP150 Jadi Ban Resmi Grand New Avanza dan Great New Xenia



Jakarta - Dear AXIC-ers, pabrikan ban dunia asal Jepang lewat PT Bridgestone Tire Indonesia, mengumumkan  ban merek Ecopia EP150 menjadi ban standar mobil Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia, kemarin.  Duo raja mobil di segmen low multipurpose vehicle (MPV) ini masih anyar, karena diluncurkan di Indonesia pada Agustus lalu. 

Ban Ecopia EP150 diproduksi di pabrik Bridgestone Indonesia di Karawang, Jawa Barat. Ban tersebut juga tersedia di beberapa negara kawasan di Asia Tenggara.  

Nah, Waktu saya main-main ke dealer Daihatsu Bintaro, dua pekan lalu, diinformasikan ada dua vendor ban lain memasok ban untuk Great New Xenia, yakni Dunlop dan GT Radial. 

Nah, apa sih kelebihan ban Ecopia EP150 dibandingkan Dunlop dan GT Radial, jika AXIC-ers kebetulan mau ganti mobil baru alias up grade . 

Pertama, ban Ecopia EP150 menggunakan kompon Nano Pro-Tech, teknologi khas Bridgestone. Teknologi ini mampu menurunkan koefisien hambatan gulir, bahasa Inggrisnya disebut drag coeficient ratio (DCR), dengan mengurangi hilangnya energi pada puncak kompon selama bergulirnya ban. Dikombinasikan dengan desain tapak ban yang menghubungkan blok dan rib yang tipis, maka kinerja tekanan kontak ban dengan jalan dan pengereman saat kondisi basah menjadi lebih baik.

Jadi jika dibandingkan dengan produk-produk ban Bridgestone saat ini dalam jenis yang sama, Ecopia EP150 memiliki hambatan gulir 23% lebih baik. Dampaknya? secara rata-rata pengguna ban ini 3% lebih hemat konsumsi bahan bakarnya, serta sekitar 3% lebih sedikit menghasilkan emisi gas buang karbon dioksida.

Kedua, ban Ecopia EP150 dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar global. So, masa pemakaiannya tahan lama dan memiliki kemampuan melintasi beragam jenis jalan. Wajar saja, bila EP150 adalah ban pilihan bagi pabrikan mobil ternama dunia, seperti Honda, Toyota, Nissan, Mazda, Subaru, Mercedes, dan Renault. 

Ketiga, ban Ecopia EP150 adalah ban terbaik dan paling ramah lingkungan yang diproduksi untuk konsumen Indonesia. yang menginginkan konsumsi bahan bakar hemat pada kendaraannya. Di sisi lain, ban ini memiliki tingkat keamanan tertinggi. Jadi, Ecopia EP150 memiliki value ‘saving’ karena hemat bahan bakar dan ‘Eco Friendly’ karena hambatan gulirnya rendah dapat menurunkan emisi CO2. 

Diuji di Lintas Sumatera

FYI nih, kira-kira pada pertengahan September lalu, lewat program Ecopia Go Indonesia, Bridgestone menguji ban Ecopia EP150 di jalur lintas Pulau Sumatera. Ban Ecopia EP150 diuji selama 12 hari sejak 8 September tahun ini dengan menempuh jarak sekitar 1.623 kilometer. Tahun lalu ujian serupa juga dilakukan, tapi rutenya Pulau Jawa. 

Hasilnya, mobil MPV yang menggunakan ban Ecopia EP150 lebih hemat 15% konsumsi bahan bakarnya dibandingkan dua mobil lain yang menggunakan ban dari merek lain. Ban merek lain agak boleh disebut bro, demi kenyamanan semua pabrikan he...he.... @MSU


Tidak ada komentar:

Posting Komentar